Cara Agar Memori Internal di Android Tidak Penuh

http://howtoindo.blogspot.co.id/2017/02/cara-agar-memori-internal-di-android.html

Cara Agar Memori Internal di Android Tidak Penuh

Tidak semua smartphone dilengkapi dengan memori internal yang besar. Biasanya, smartphone yang tidak memiliki memori internal besar dilengkapi dengan slot micro SD, sehingga penggunanya dapat menggunakan micro SD untuk memperluas memori smartphone miliknya.

Lalu, bagaimana jika Anda memiliki smartphone dengan memori kecil tanpa slot micro SD? 

Inilah beberapa tips sederhana yang dapat Anda coba untuk mengosongkan memori internal di smartphone Anda.

1. Hapus aplikasi yang tidak perlu
Ada begitu banyak aplikasi di App Store dan Play Store dan tidak sedikit yang merupakan aplikasi gratis. Hal inilah yang membuat pengguna biasanya mengunduh banyak aplikasi, meski pada akhirnya, aplikasi itu jarang digunakan.

Karena itu, pilihlah aplikasi yang tidak Anda butuhkan dan hapus aplikasi itu. Ingat, jika Anda menghapus sebuah aplikasi, Anda masih mengunduhnya lagi di kemudian hari jika Anda memang membutuhkannya.


Game biasanya memakan memori paling banyak. Karena itu, jika Anda sudah selesai memainkan sebuah game, seperti Grand Theft Auto: San Andreas misalnya, Anda bisa menghapus game itu dan membebaskan memori internal sebesar 2,4GB.

Jika Anda ingin tahu aplikasi apa yang paling memakan memori, Anda bisa melihatnya di menu Settings pada Android. Pertama, masuk ke bagian Settings, lalu cari Storage (di beberapa perangkat, tertulis sebagai Storage & USB). Lalu, pilih Apps dan tunggu hingga Android selesai menghitung besar memori yang diperlukan sebuah aplikasi.

2. Pindahkan foto dan video dari smartphone
Semakin banyak foto dan video yang Anda buat dengan kamera ponsel Anda, semakin besar pula memori internal smartphone Anda yang terpakai. Setelah menggunakan ponsel untuk mengambil foto dan video selama satu atau dua tahun, bukan hal yang aneh jika memori smartphone Anda mulai menipis.


 Solusi dari masalah ini adalah dengan memindahkan foto dan video yang Anda anggap tidak lagi terlalu penting ke lokasi lain, seperti hard drive PC Anda atau memanfaatkan layanan cloud seperti Dropbox atau Flickr.

Google Photos memberikan Anda memori tanpa batas untuk foto dan video. Satu-satunya batasan yang Google berikan adalah ukuran sebuah foto harus kurang dari 16MP dan video maksimal beresolusi 1080p. Menariknya, ia juga dapat secara otomatis menghapus foto yang telah Anda simpan di cloud. Untuk mengakses fitur tersebut, masuk ke dalam Photos, cari Menu > Settings dan pilih Free up device storage.





3. Gunakan layanan streaming
Video dan foto memakan memori yang tidak sedikit. Selain foto dan video yang Anda ambil, pemboros memori lainnya adalah musik dan video yang Anda unduh. Karena itulah, sebaiknya saat Anda hendak mendengarkan lagu atau menonton video, sebaiknya Anda melakukan streaming.

Kecuali jika Anda berada di tempat dengan sinyal buruk atau memang perlu untuk menyimpan video atau foto dalam ponsel Anda.

Jadi, jika Anda biasanya menyimpan semua kumpulan lagu yang Anda dengarkan di ponsel, cobalah untuk menggunakan layanan streaming musik. Dengan begitu, Anda tetap bisa mendapatkan akses ke lagu-lagu favorit Anda tanpa perlu khawatir memori ponsel Anda akan terlalu penuh.

4. Gunakan memori eksternal
Android mendukung penggunaan microSD. Sayangnya, tidak semua perangkat dilengkapi dengan slot micro SD. Namun, Anda juga bisa menggunakan memori eksternal. Biasanya, ia berupa plug-in drive -- yang menyerupai USB -- atau media hub nirkabel. Masing-masing dari perangkat itu memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. 

Selamat mencoba.

1 Response to "Cara Agar Memori Internal di Android Tidak Penuh"