Pengertian Database dan Hubungan Database dengan Informasi

Assalamualaikum

Pada kesempatan kali ini saya sebagai mahasiswa STIKOM CKI ingin membagikan sedikit informasi tentang pengertian database dan hubungan database dengan informasi.


Oke langsung saja.

Pengertian Database.

Apa itu database ? pasti jika kalian adalah mahasiswa jurusan ilmu komputer sudah tidak asing lagi dengan kata database bukan. Maka sekarang mari kita membahas nya bersama sama.

Database atau bisa kita sebut pangkalan data adalah sekumpulan data yang sudah disusun sedemikan rupa dengan ketentuan atau aturan tertentu yang saling berelasi sehingga memudahkan pengguna dalam mengelolanya juga memudahkan memperoleh informasi. Selain itu adapula yang mendefinisikan database sebagai kumpulan file, tabel, atau arsip yang saling terhubung yang disimpan dalam media elektronik.

Manfaat Database  

Berikut adalah beberapa manfaat yang kita dapat dari Database.

  • Kecepatan dan Kemudahan
Database memiliki kemampuan dalam menyeleksi data sehingga menjadi suatu kelompok yang terurut dengan cepat. Hal inilah yang ahirnya dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan secara cepat pula. Seberapa cepat pemrosesan data oleh database tergantung pula pada perancangan databasenya.
  • Pemakaian Bersama-sama
Suatu database bisa digunakan oleh siapa saja dalam suatu perusahaan. Sebagai contoh database mahasiswa dalam suatu perguruan tinggi dibutuhkan oleh beberapa bagian, seperti bagian admin, bagian keuangan, bagian akademik. Kesemua bidang tersebut membutuhkan database mahasiswa namun tidak perlu masing-masing bagian membuat databasenya sendiri, cukup database mahasiswa satu saja yang disimpan di server pusat. Nanti aplikasi dari masing-masing bagian bisa terhubung ke database mahasiswa tersebut.
  • Kontrol data terpusat
Masih berkaitan dengan point ke dua, meskipun pada suatu perusahaan memiliki banyak bagian atau divisi tapi database yang diperlukan tetap satu saja. Hal ini mempermudah pengontrolan data seperti ketika ingin mengupdate data mahasiswa, maka kita perlu mengupdate semua data di masing-masing bagian atau divisi, tetapi cukup di satu database saja yang ada di server pusat.
  • Menghemat biaya perangkat
Dengan memiliki database secara terpusat maka di masing-masing divisi tidak memerlukan perangkat untuk menyimpan database berhubung database yang dibutuhkan hanya satu yaitu yang disimpan di server pusat, ini tentunya memangkas biaya pembelian perangkat.
  • Keamanan Data
Hampir semua Aplikasi manajemen database sekarang memiliki fasilitas manajemen pengguna. Manajemen pengguna ini mampu membuat hak akses yang berbeda-beda disesuaikan dengan kepentingan maupun posisi pengguna. Selain itu data yang tersimpan di database diperlukan password untuk mengaksesnya.


Hubungan Database dengan Informasi

Berikut ini adalah hubungan antara database dengan informasi.

Informasi membutuhkan data dan data diolah oleh applikasi sistem informasi sehingga menjadi database.Database bisa meningkatkan fungsi sebuah sistem informasi dengan menyimpan data – data yang dapat di proses pada sistem tersebut sehingga meringankan penggunaan memori komputer.

Oke mungkin itu saja postingan saya kali ini tentang pengertian database dan hubungan database dengan informasi. Jika ada kata kata yang kurang berkenan dihati pembaca mohon dimaafkan dan semoga postingan saya ini bermanfaat.

Wasalamualaikum

BANTU SHARE YA :) 

sumber: wikipedia.com

0 Response to "Pengertian Database dan Hubungan Database dengan Informasi"

Posting Komentar